Rabu, 29 Januari 2020

IKLAN ONLINE

IKLAN ONLINE
Pengertian Iklan Online

     Menurut Kotler :
Segala macam bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau non-personal
layanan dibayar oleh sponsor tertentu.

    Menurut Wells :
Iklan adalan non-personal komuinikasi dibayar oleh sponsor menggunakan media massa membujuk dan mempengaruhi penonton.

    Menurut Gilson & Berkman :
Iklan merupakan media komunikasi persuasif yang dirancang untuk menghasilkan respon dan membantu untuk mencapai tujuan objektivitas atau pemasaran.


sumber :
https://brainly.co.id/tugas/4717237
Tujuan Iklan online yaitu: 
a. Menginformasikan konsumen tentang merek-merek baru, mendidik mereka tentang berbagai fitur dan manfaat merek, serta menfasilitasi penciptaan citra merek yang positif. 
b. Membangun kesadaran (Awareness) merek, membuat konsumen sadar akan sebuah merek atau produk merupakan tujuan jangka panjang yang penting bagi setiap pemasar. Setelah konsumen tahu tentang merek/produk langkah selanjutnya adalah mendapatkan kepercayaan konsumen. Semakin baik merek/produk dikenal oleh konsumen semakin mudah bisnis atau produk dan jasa dijual, misalkan iklan online banner baik static atau interaktif, merupakan media tepat untuk mempromosikan merek. Kekuatan visual dapat dikomunikasikan dengan baik melalui media ini. 
c. Menjangkau pelanggan baru dan menciptakan permintaan konsumen. Terdapat 3 langkah dalam menciptakan permintaan konsumen yaitu menginformasikan, membujuk, mengingatkan. Iklan harus dapat meyakinkan konsumen tentang apa yang mereka butuhkan dan mengapa mereka membutuhkan. Dengan iklan online konsumen baru dapat dijaring karena batasan waktu dan wilayah bukan lagi menjadi kendala. 
d. Mempersuasi(membujuk) konsumen untuk mencoba produk dan jasa yang diiklankan Semua bentuk pemasaran online perlu diarahkan untuk target penjualan jangka panjang. Namun, iklan online mendorong penjualan dalam jangka pendek dan menengah. Tidak seperti media iklan tradisional, iklan online dapat mengubah konsumen potensial menjadi konsumen yang sebenarnya dan langsung melakukan tindakan pembelian produk terhadap iklan yang ditawarkan. Konsumen dapat pergi dari iklan online yang ditawarkan langsung ke halaman web perusahaan hanya dengan satu klik. segala aktivitas konsumen dapat di lacak secara akurat dan diukur keberhasilannya. Begitu pula dengan target pengiklanan. 
e. Membangun loyalitas konsumen. Setelah konsumen menyadari dan membutuhkan suatu produk, maka mereka perlu tahu bagaimana cara memenuhi keinginan atau kebutuhan tersebut. Pada titik ini penting bagi pemasar untuk menunjukkan kepada konsumen bagaimana merek tertentu atau produk terbaik akan memenuhi kebutuhan tersebut. Sehingga timbullah loyalitas konsumen terhadap produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan. 

Keuntungan Iklan Online
a. Tidak ada tanggal kedaluwarsa. Sebuah iklan cetak seperti koran, majalah hanya dicetak untuk tanggal atau bulan tertentu saja tergantung terbitnya, begitu pula televisi. Setelah publikasi berakhir maka iklan akan menjadi usang, Media online dapat lebih fleksibel, instan dan berubah-ubah. Sebuah website dapat diakses 24 jam sehari, 7 hari seminggu (24/7) dan tidak akan pernah berakhir. Orang-orang mengunjungi situs berita favorit mereka dengan melihat banner setiap hari. pesan dapat diperkuat dan konten dapat diperbarui dalam hitungan menit. 
b. Lead time. Butuh waktu berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan, sebelum sebuah iklan offline dapat diputar atau dicetak. Informasi online dapat dipublikasikan segera mungkin dan berubah secara teratur meskipun ada atau tidak ada lead time. 
c. Kualitas paparan. Ketika Anda berkendara melewati billboard atau menonton iklan disela-sela film seri favorit Anda, Iklan dapat ditampilkan meskipun Anda tidak memiliki kepentingan terhadap produk yang ditawarkan, informasi yang ditawarkan pun terbatas. Berbeda dengan iklan online, konsumen hanya perlu meng-klik banner atau iklan online lainnya jika mereka tertarik, maka informasi lebih lanjut ditampilkan. 
d. Kebebasan. Pengguna internet memiliki kontrol lebih besar atas apa yang ingin mereka lihat dan lakukan terhadap iklan online. Tidak seperti pendengar radio, penonton televise, pembaca majalah dan Koran atau iklan billboard di jalan raya, Mereka tidak memiliki kontrol atas apa yang ingin mereka dengar dari iklan radio atau lihat dari iklan di majalah. Kebebasan dalam memilih memungkinkan pelanggan untuk mengambil keputusan untuk berinteraksi dengan merek atau tidak. 
e. Jangkauan. Dengan media Internet iklan anda ditampilkan tanpa ada batas geografis, tidak peduli di mana lokasi konsumen Anda. Satu iklan online memiliki potensi untuk mencapai ribuan konsumen yang tersebar diseluruh dunia. 
f. Biaya. Asalkan Anda memahami bagaimana mengelola anggaran, menemukan cara pembayaran yang paling efektif, memilih media iklan online yang tepat, maka anggaran Anda dapat dihemat dan hasil dapat lebih terukur dibandingkan iklan tradisional. Contoh sebuah iklan di tv selama 30 detik selama 1 minggu biayanya cukup menguras keuangan Anda dibandingkan dengan iklan banner di sebuah website berita atau adwords digoogle.
Kekurangan iklan online
1. Bagi para pengguna blog ger untuk bersiap lebih sabar, karena tidak ada yang mau beriklan karena kita masih baru. Dan ada juga yang sudah lama tapi masih PR1, ini juga tidak akan dilirik sama pengiklan. biasanya yang dicari kebanyakan pengiklan yang sudah menjadi PR3.
2. Untuk pengguna direct ads jika sudah banyak iklan, untuk sering di optimasi (di update)  databasenya agar tidak lambat pada saat membuka blognya.
3.Agak ribet pada saat membuatnya, karena harus menginstal script (bahasa web).

Jenis-Jenis Iklan 

1. Display Ads

jenis iklan online
Jenis iklan online ini merupakan bentuk asli dari iklan online. Display ads adalah iklan visual yang biasanya muncul di situs web/blog pihak ketiga (biasanya relevan antara konten dengan layanan).
Konsep ini sebenarnya sama dengan model iklan surat kabar yang berarti membeli ruang iklan dalam situs yang bertujuan untuk menarik demografis target anda.
Beberapa jenis iklan tampilan (display ads) :
  • Gambar statis : iklan ini merupakan spanduk dasar atau iklan persegi yang muncul di dalam konten
  • Teks : iklan teks biasanya di buat oleh algoritma untuk yang membuat iklan yang relevan dengan konten yang ada.
  • Floating banner : iklan ini biasanya bergerak melintasi layar atau mengambang diatas konten web.
  • Wallpaper : muncul dan mengubah background situs web serta mengisi seluruh halaman.
  • Iklan pop up : iklan ini berupa jendela baru yang muncul di depan konten web. Setelah pengunjung membuka jendela tersebut maka akan menampilkan iklan secara lengkap sehingga mereka melihat.
  • Flash : Iklan ini adalah iklan bergerak yang memflash konten yang berbeda pada setiap pengunjung.
  • Video : iklan video biasanya ditampilkan dalam video kecil yang terputar otomastis atau menunggu diputar oleh pengunjung.
Biaya yang harus dikeluarkan untuk display ads biasanya sangat terjangkau.
Anda dapat langsung menghubungi situs pihak ketiga secara langsung dan menanyakan tarif iklan yang mereka tawarkan.
Tarif iklan setiap situs biasanya berbeda dan bervariasi tergantung dari lalu lintas dan kualitas situs web tersebut.
2. iklan media sosial

Mulai pada awal 2015, media sosial telah menjadi arena pemasaran yang tidak hanya efisien tapi juga efektif.
Pada saat ini jenis-jenis iklan online di media sosial terus tumbuh dan berkembang setiap tahunnya.
Hampir serupa dengan display ads, iklan media sosial juga dapat berbentuk apapun seperti banner, gambar hingga video.
Salah satu kelebihan beriklan di sosial media adalah anda dapat menargetkan audiens secara detail misalkan saja opsi penargetan Facebook berdasarkan usia, wilayah, minat, latar belakang pendidikan, dll.
Beberapa jenis iklan media sosial :
  • Organik: kelebihan dari iklan media sosial secara organik adalah menciptakan kesetian dan memberikan anda umpan balik dari target audiens anda.
  • Berbayar : dalam memasang iklan anda juga dapat memanfaatkan posting yang di promosikan secara berbayar. Dengan ini anda dapat menjangkau target audiens yang sudah anda tentukan.
Facebook, Instagram dan hampir semua media sosial biasanya menawarkan harga iklan yang relatif murah.
Jenis iklan media sosial organik adalah iklan yang menghasilkan banyak umpan balik dari audiens.
Misalkan saja anda membuat postingan pada halaman facebook dan menawrkan produk gratis.
Kemudian pengikut anda mengklik like dan memberikan tag postingan anda tersebut pada temannya.
Tentunya ini merupakan jenis iklan media sosial gratis serta membuat orang sadar tentang apa yang anda sedang tawarkan.
Jenis iklan online di media sosial berbayar biasanya di fokuskan untuk menjangkau target audiens anda.
Jumlah harga yang anda bayarkan biasanya didasarkan pada berapa banyak ilan anda di lihat dan terlibat didalamnya.
Platform media sosial terbaik untuk anda berpromosi
  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedln
  • Tumblr
  • Dll
Bagi anda yang ingin melakukan promosi melalui iklan media sosial maka anda dapat mempersiapkannya sendiri atau bekerja sama dengan agensi media sosial yang banyak tersedia saat ini.
3. Search Engine Marketing (SEM) dan Search Engine Optimization (SEO)

jenis jenis iklan online dan contohnya
Search Engine Marketing (SEM) dan Search Engine Optimization (SEO) adalah dau jenis iklan online yang mempromosikan konten dengan cara meningkatkan visibilitas melalu mesin pencari.
  • SEM : iklan akan dibayar ketika pengguna melakukan klik iklan sehingga masuk kedalan situs mereka. Iklan ini memliki keuntungan yaitu informasi pasar lebih spesifik.
  • SEO : untuk memperoleh peringkat yang tinggi dalam mesin pencari maka pengiklan menggunakan berbagai teknik SEO. Mereka biasanya akan menargetkan kata kunci yang relevan dngan bisnis.
Walaupun SEM merupakan strategi yang berbayar dan SEO memperoleh lalulintas secara organik, kedua jenis iklan online ini merupakan cara promosi yang paling populer.
Beberapa contoh iklan online SEM diantaranya adalah CPC dan CPM.

4. Iklan video

sebutkan jenis-jenis iklan online
Iklan video merupakan cara iklan yang paling efektif untuk berpromosi atau membuat iklan.
Jenis iklan video ini sangat populer digunakan terutama untuk target pasar generasi muda.
Anda dapat membuat sebuah cerita yang dapat memancing emosi audiens dengan membuat visual dan cerita yang menarik.
Visual dan cerita dari video biasanya digunakan untuk menjelaskan tentang produk atau layanana anda.
Untuk membuat atau memposting video yang menarik, anda dapat mengikuti pelatihan atau juga membayar pakar pembuat video.
Walaupun Youtube merupakan platform video yang paling populer tapi sebenarnya masih ada media lainnya yang dapat anda dapat gunakan untuk mempromosikan konten anda.
Beberapa media yang dapat anda gunakan untuk memposting iklan video anda :
  • Youtube
  • Facebook
  • Vidio.com
  • Dll

5. Pemasaran afiliasi

contoh iklan online
Jenis iklan online yang populer lainnya adalah jenis iklan pemasaran afiliasi.
Pemasaran afiliasi adalah cara mempromosikan produk sebuah perusahaan kemudian afiliate akan memperoleh komisi dari setiap penjualan yang terjadi.
Pada dasarnya afiliasi ini dapat di definiskan sebagai perjanjian iklan yang di buat oleh 3 pihak yang pengiklan, penerbit dan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Style kekinian pria dan wanita

 1.  Sandal Arrival  Now Sandal zaman now Nyaman digunakan dimana dan kapan saja  Kualitas terjamin oke Harga murah fit 37-40 Rp.37.000 Mina...