IKLAN ONLINE
Pengertian Iklan OnlineMenurut Kotler :
Segala macam bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau non-personal
layanan dibayar oleh sponsor tertentu.
Menurut Wells :
Iklan adalan non-personal komuinikasi dibayar oleh sponsor menggunakan media massa membujuk dan mempengaruhi penonton.
Menurut Gilson & Berkman :
Iklan merupakan media komunikasi persuasif yang dirancang untuk menghasilkan respon dan membantu untuk mencapai tujuan objektivitas atau pemasaran.
sumber :
https://brainly.co.id/tugas/4717237
Tujuan Iklan online yaitu:
a. Menginformasikan konsumen tentang merek-merek baru, mendidik mereka tentang berbagai fitur dan manfaat merek, serta menfasilitasi penciptaan citra merek yang positif.
b. Membangun kesadaran (Awareness) merek, membuat konsumen sadar akan sebuah merek atau produk merupakan tujuan jangka panjang yang penting bagi setiap pemasar. Setelah konsumen tahu tentang merek/produk langkah selanjutnya adalah mendapatkan kepercayaan konsumen. Semakin baik merek/produk dikenal oleh konsumen semakin mudah bisnis atau produk dan jasa dijual, misalkan iklan online banner baik static atau interaktif, merupakan media tepat untuk mempromosikan merek. Kekuatan visual dapat dikomunikasikan dengan baik melalui media ini.
c. Menjangkau pelanggan baru dan menciptakan permintaan konsumen. Terdapat 3 langkah dalam menciptakan permintaan konsumen yaitu menginformasikan, membujuk, mengingatkan. Iklan harus dapat meyakinkan konsumen tentang apa yang mereka butuhkan dan mengapa mereka membutuhkan. Dengan iklan online konsumen baru dapat dijaring karena batasan waktu dan wilayah bukan lagi menjadi kendala.
d. Mempersuasi(membujuk) konsumen untuk mencoba produk dan jasa yang diiklankan Semua bentuk pemasaran online perlu diarahkan untuk target penjualan jangka panjang. Namun, iklan online mendorong penjualan dalam jangka pendek dan menengah. Tidak seperti media iklan tradisional, iklan online dapat mengubah konsumen potensial menjadi konsumen yang sebenarnya dan langsung melakukan tindakan pembelian produk terhadap iklan yang ditawarkan. Konsumen dapat pergi dari iklan online yang ditawarkan langsung ke halaman web perusahaan hanya dengan satu klik. segala aktivitas konsumen dapat di lacak secara akurat dan diukur keberhasilannya. Begitu pula dengan target pengiklanan.
e. Membangun loyalitas konsumen. Setelah konsumen menyadari dan membutuhkan suatu produk, maka mereka perlu tahu bagaimana cara memenuhi keinginan atau kebutuhan tersebut. Pada titik ini penting bagi pemasar untuk menunjukkan kepada konsumen bagaimana merek tertentu atau produk terbaik akan memenuhi kebutuhan tersebut. Sehingga timbullah loyalitas konsumen terhadap produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan.
Keuntungan Iklan Online
a. Tidak ada tanggal kedaluwarsa. Sebuah iklan cetak seperti koran, majalah hanya dicetak untuk tanggal atau bulan tertentu saja tergantung terbitnya, begitu pula televisi. Setelah publikasi berakhir maka iklan akan menjadi usang, Media online dapat lebih fleksibel, instan dan berubah-ubah. Sebuah website dapat diakses 24 jam sehari, 7 hari seminggu (24/7) dan tidak akan pernah berakhir. Orang-orang mengunjungi situs berita favorit mereka dengan melihat banner setiap hari. pesan dapat diperkuat dan konten dapat diperbarui dalam hitungan menit.
b. Lead time. Butuh waktu berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan, sebelum sebuah iklan offline dapat diputar atau dicetak. Informasi online dapat dipublikasikan segera mungkin dan berubah secara teratur meskipun ada atau tidak ada lead time.
c. Kualitas paparan. Ketika Anda berkendara melewati billboard atau menonton iklan disela-sela film seri favorit Anda, Iklan dapat ditampilkan meskipun Anda tidak memiliki kepentingan terhadap produk yang ditawarkan, informasi yang ditawarkan pun terbatas. Berbeda dengan iklan online, konsumen hanya perlu meng-klik banner atau iklan online lainnya jika mereka tertarik, maka informasi lebih lanjut ditampilkan.
d. Kebebasan. Pengguna internet memiliki kontrol lebih besar atas apa yang ingin mereka lihat dan lakukan terhadap iklan online. Tidak seperti pendengar radio, penonton televise, pembaca majalah dan Koran atau iklan billboard di jalan raya, Mereka tidak memiliki kontrol atas apa yang ingin mereka dengar dari iklan radio atau lihat dari iklan di majalah. Kebebasan dalam memilih memungkinkan pelanggan untuk mengambil keputusan untuk berinteraksi dengan merek atau tidak.
e. Jangkauan. Dengan media Internet iklan anda ditampilkan tanpa ada batas geografis, tidak peduli di mana lokasi konsumen Anda. Satu iklan online memiliki potensi untuk mencapai ribuan konsumen yang tersebar diseluruh dunia.
f. Biaya. Asalkan Anda memahami bagaimana mengelola anggaran, menemukan cara pembayaran yang paling efektif, memilih media iklan online yang tepat, maka anggaran Anda dapat dihemat dan hasil dapat lebih terukur dibandingkan iklan tradisional. Contoh sebuah iklan di tv selama 30 detik selama 1 minggu biayanya cukup menguras keuangan Anda dibandingkan dengan iklan banner di sebuah website berita atau adwords digoogle.
Kekurangan iklan online
1. Bagi para pengguna blog ger untuk bersiap lebih sabar, karena tidak ada yang mau beriklan karena kita masih baru. Dan ada juga yang sudah lama tapi masih PR1, ini juga tidak akan dilirik sama pengiklan. biasanya yang dicari kebanyakan pengiklan yang sudah menjadi PR3.
2. Untuk pengguna direct ads jika sudah banyak iklan, untuk sering di optimasi (di update) databasenya agar tidak lambat pada saat membuka blognya.
3.Agak ribet pada saat membuatnya, karena harus menginstal script (bahasa web).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar