Pengertian droppshiper
Secara teknis, dropshipping merupakan proses pengiriman barang secara langsung ke pelanggan Anda dari pemasok yang merupakan pihak ketiga atau “vendor”. Proses ini dilakukan tanpa perantara lainnya semacam menyimpan barang terlebih dahulu di lokasi tertentu milik Anda.
Dibawah ini adalah tips atau trik untuk menjadi droppshiper sukses dimasa kini
Langkah Pertama , Memilih Supplier yang Tepat
Perlu diingat bahwa seorang dropshipper tidak ikut campur di dalam pengecekan kualitas barang yang mereka kirim, dan mereka juga tidak ikut andil dalam proses pengiriman barangnya. Maka Anda musti siap, jika ada keterlambatan atau hambatan lainnya pada proses pengiriman barang, Anda akan diminta pertanggungjawaban dari si pembeli atau pemesan barang. Apalagi bila produk tidak sesuai dengan harapan si pihak pembeli. Jadinya pihak dropshipper bisa mendapat keluhan dan tanggapan negatif dari pihak pembeli. Tentunya semua hal ini bila Anda tidak pintar-pintar dalam menanganinya dapat menjadi rumit, bahkan bisa berujung ke jalur hukum karena satu dan dua hal khusus.
Inilah mengapa Anda sebagai dropshipper harus lihai dalam memilih supplier yang terpercaya dan dapat diandalkan, serta sudah terbukti kualitas serta ketepatan rincian produknya. Sehingga nantinya Anda bisa terhindar dari tanggapan negatif dan reputasi buruk yang diutarakan oleh para customer dan usaha Anda lancar.
Langkah Kedua , Memulai Kerjasama dengan Supplier dan Tentukan Harga Jual
Cara untuk memulai kerjasama Anda dengan supplier sebenarnya cukup sederhana. Setelah Anda berhasil melakukan seleksi yang ketat dan menemukan supplier yang bagus, Anda tingggal melakukan booking produk untuk tes atau menguji terlebih dahulu. Lalu bila memang mulus prosesnya, cobalah menjalin hubungan dengan baik.
Langkah Ketiga , Menentukan Brand dan Mengkampanyekan Produk
Bagi Anda yang baru memulai bisnis dropship ini dan target Anda berskala kecil hingga menengah, maka Anda sebaiknya fokus pada satu sektor bisnis saja. Mengapa? Karena brand awareness Anda bagus atau bisa maksimal di mata pelanggan maupun calon customer Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar