A. Pengertian Search Engine Optimazation ( SEO ) Dan Search Engine Result Page ( SERP )
Optimisasi mesin pencari ( SEO ) adalah sebagai serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan jumlah kunjungan melalui mesin pencari menuju website dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari.
Adapun tujuan dari SEO adalah menempatkan website pada posisi teratas atau setidaknya halaman 1 hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang di targetkan.
Fakta menunjukan website yang menempati posisi teratas (halaman 1) hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk dikunjungi.
Sementara itu, search engine result page ( SERP ) adalah hasil pencarian yang ditampilkan mesin pencari setelah pengguna (user) menuliskan kata yang dicari (query), baik berupa bahasa alami (natural language) maupun kata kunci (key word). Hasil pencarian biasanya berupa daftar website hasil pencariahn yang berisi 10 besar hasil pencarian dalam 1 halaman yang telah diperingatkan oleh mesin pencari.
1). Sejarah SEO
Menurut Danny Sullivan, istilah SEO pertama kali digunakan pada 26 juli 1997 oleh sebuah pesan spam yang di posting di usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah di manipulasi. Larry Page dan Sergey Brin dua orang mahasiswa doktoral ilmu komputer Stanford University, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuahg mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringatkan halaman web. Algortma tersebut yang dinamakkan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks, berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas tisp-tiap link tersebut.
Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998, Page dan Brin mendirikan google nyang merupakan versi tingkat lanjut dari backrub.
2). Mesin Pencari ( search engine )
Mesin pencari atau search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news grup dalam sebuah ataupun sejumlah komputer yang melayani dalam suatu jaringan. search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang sering kali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut hits.
contoh mesin pencari :
- google.com
- yahoo.com
- msn.com
-bing
- ask.com
- gigablast.com
3). Keuntungan Melakukan SEO
Berikut ini adalah keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan atau pebisnis perorangan jika menggunakan SEO :
a. menjadi juara di serch engine result page/SERP
b. menjadi website yang disukai mesin pncari
c. meningkatkan jumlahb pengujung dan laba
d. meningkatkan visibilitas
e. meningkatkan efektivitas pemasaran
f. meningkatkan efisiensi biaya pemasaran
B. CARA KERJA SEARCH ENGINE OPTIMAZATION ( SEO )
Cara kerja SEO pada website adalah dengan melakukan riset kata kunci yang sering digunakan oleh pengguna dalam pencarian topik terkait. Dalam melakukan riset, kuncinya adalah mencoba membayangkan ketika anda bertindak sebagai pengguna (user) yang sedang mencari informasi yang dibutuhkan.
C. JENIS-JENIS KATA KUNCI ( KEY WORD) SEO
Berikut ini jenis kata kunci yang harus diperhatikan agar SEO menjadi efektif.
1. Kata kunci pendek ( short key words )
kata kunci pendek adalah kata kunci yang paling sering dituliskan pengguna mesin pencari
contoh :
- "bisnis online"
- "kaligrafi"
- "wirausaha"
2. Kata kunci panjang ( long tail key words )
kata kunci panjang mulai dari 3 suku kata, dan biasanya berupa kata dasar. namun demikian tidak tertutup kemungkinan menuliskan kata kunci panjang selain kata dasar.
contoh :
- "materi bisnis online"
- "toko buku online"
3. Kata kunci branded ( branded key words )
kata kunci jenis ini digunakan oleh perusahaan atau pebisnis perorangan untuk mengarahkan pengunjung media online ke website.
contoh :
- "toko online glodok"
1. Menentukan Sasaran
E. PENERAPAN ON-PAGE SEO DAN OFF-PAGE SEO
Ada 2 cara optimasi yang sering dilakukan oleh webmaster, yaitu:
a. Title tag
b. Meta description
c. Uniform Resource locator (URL)
e. Image & Image ALt Tag
f. Link to Site Authority
a. Media Sosial
Optimisasi mesin pencari ( SEO ) adalah sebagai serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan jumlah kunjungan melalui mesin pencari menuju website dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari.
Adapun tujuan dari SEO adalah menempatkan website pada posisi teratas atau setidaknya halaman 1 hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang di targetkan.
Fakta menunjukan website yang menempati posisi teratas (halaman 1) hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk dikunjungi.
Sementara itu, search engine result page ( SERP ) adalah hasil pencarian yang ditampilkan mesin pencari setelah pengguna (user) menuliskan kata yang dicari (query), baik berupa bahasa alami (natural language) maupun kata kunci (key word). Hasil pencarian biasanya berupa daftar website hasil pencariahn yang berisi 10 besar hasil pencarian dalam 1 halaman yang telah diperingatkan oleh mesin pencari.
1). Sejarah SEO
Menurut Danny Sullivan, istilah SEO pertama kali digunakan pada 26 juli 1997 oleh sebuah pesan spam yang di posting di usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah di manipulasi. Larry Page dan Sergey Brin dua orang mahasiswa doktoral ilmu komputer Stanford University, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuahg mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringatkan halaman web. Algortma tersebut yang dinamakkan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks, berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas tisp-tiap link tersebut.
Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998, Page dan Brin mendirikan google nyang merupakan versi tingkat lanjut dari backrub.
2). Mesin Pencari ( search engine )
Mesin pencari atau search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news grup dalam sebuah ataupun sejumlah komputer yang melayani dalam suatu jaringan. search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang sering kali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut hits.
contoh mesin pencari :
- google.com
- yahoo.com
- msn.com
-bing
- ask.com
- gigablast.com
3). Keuntungan Melakukan SEO
Berikut ini adalah keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan atau pebisnis perorangan jika menggunakan SEO :
a. menjadi juara di serch engine result page/SERP
b. menjadi website yang disukai mesin pncari
c. meningkatkan jumlahb pengujung dan laba
d. meningkatkan visibilitas
e. meningkatkan efektivitas pemasaran
f. meningkatkan efisiensi biaya pemasaran
B. CARA KERJA SEARCH ENGINE OPTIMAZATION ( SEO )
Cara kerja SEO pada website adalah dengan melakukan riset kata kunci yang sering digunakan oleh pengguna dalam pencarian topik terkait. Dalam melakukan riset, kuncinya adalah mencoba membayangkan ketika anda bertindak sebagai pengguna (user) yang sedang mencari informasi yang dibutuhkan.
C. JENIS-JENIS KATA KUNCI ( KEY WORD) SEO
Berikut ini jenis kata kunci yang harus diperhatikan agar SEO menjadi efektif.
1. Kata kunci pendek ( short key words )
kata kunci pendek adalah kata kunci yang paling sering dituliskan pengguna mesin pencari
contoh :
- "bisnis online"
- "kaligrafi"
- "wirausaha"
2. Kata kunci panjang ( long tail key words )
kata kunci panjang mulai dari 3 suku kata, dan biasanya berupa kata dasar. namun demikian tidak tertutup kemungkinan menuliskan kata kunci panjang selain kata dasar.
contoh :
- "materi bisnis online"
- "toko buku online"
3. Kata kunci branded ( branded key words )
kata kunci jenis ini digunakan oleh perusahaan atau pebisnis perorangan untuk mengarahkan pengunjung media online ke website.
contoh :
- "toko online glodok"
4. Produk terkait (product related)
Kata kunci jenis ini digunakan oleh perusahaan atau pebisnis perorangan untuk mengarahkan konsumen pada kata kunci yang tersirat dalam kata kunci tersebut. Sasaran utama kata kunci ini adalah keluasan cakupan kata kunci untuk diarahkan ke website.
Persaingan untuk kata kunci ini terbilang berat, sebab biasanya perusahaan akan bersaing pula dengan penyedia jasa SEO.
Contoh :
- "Jasa Bisnis Online"
- "Web Hosting Termurah"
- "Membangun Website"
5. Kata kunci "masalah" (problem key words)
Saat menggunakan mesin pencari, pengguna terkadang memiliki masalah yang membutuhkan jawaban yang cepat dan murah. SEO menangkap peluang-peluang seperti ini, dan lantas membuat kata kunci yang mengarahkan para pengguna yang terkait pada suatu perusahaan atau pebisnis perorangan yang dianggap dapat menjawab permasalahannya.
Contoh :
- "Wajah Berminyak"
- "Komputer Lamabr"
- "Mobil sering Mogok"
6. Kata kunci "lokasi" (localised key words)
Pengguna (user) seringkali menggunakan kata kunci yang mengarahkannya ke lokasi tertentu yang sedang dicarinya. Biasanya, di belakang kata kunci disebutkan nama provinsi, kota, desa, dan lain sebagainya.
Contoh :
- "Rental Mobil Bandung"
- "Rumah Cantik di Medan"
- "Toko Buku di Makasar"
- "Tempat spa di Bali"
D. STRATEGI MEMBUAT SEO
1. Menentukan Sasaran
Langkah pertama adalah menentukan sasaran website dengan melihat topik website. Siapa yang akan menjadi target pengunjung harus jelas, misalnya berdasarkan kelompok usia, kelompok kepentingan, bahasa website yang digunakan,negara yang dituju,luas cangkupan website, dan lain sebagainya.
2. Menentukan Ketegori Kata Kunci
Jika topik website telah ditentukan dan taksonomi juga telah dibuat, riset pengategorian kata kunci menjadi lebih mudah.
3. Menentukan Pesaing di Mesin Pencari
Pesaing dapat di periksa menggunakan mesin pencari dengan cara memasukkan kata kunci dan melihat pencarian. Hasil pencarian menunjukkan 10 peringkat teratas.
4. Melihat Website Pesaing
Setelah meliat hasil pencarian untuk kata kunci yang coba Anda menangkan, masuk, lihat, amati, dan analisis website pesaing pada kata kunci tersebut.
5. Menetapkan Strategi
Setelah segmen pasar jelas, kumpulan kata kunci yang akan dimenangkan sudah siap, para pesaing jelas, dan website pesaing sudah dipelajari, langkah terakhir yang selalu dianalisis adalah menetapkan strategi.Bautlah artikel yang berkualitas, dan jangan lupa backlink-nya.
E. PENERAPAN ON-PAGE SEO DAN OFF-PAGE SEO
Ada 2 cara optimasi yang sering dilakukan oleh webmaster, yaitu:
1. Penerapan On-Page SEO
On-Page SEO adalah tehnik mengoptimasi halaman website dengan cara aplikasi key words yang ditarget ke dalamnya.
Berikut ini dasar yang harus diterapkan dalam On-Page SEO :
a. Title tag
Title tag itu seperti judul pada suatu artikel. Title tag dibaca oleh crawler search engine.
b. Meta description
Meta discription adalah ketengan dari suatu halaman berdasarkan kalimat artiker hasil publikasi.
c. Uniform Resource locator (URL)
Uniform Resource locator adalah rangkaian karakter menurut format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber, seperti dokumen dan gamar di internet.
d. Heading (h1,h2,h3,h4)
Heading adalah sekumpulan kata yang menjadi judul atau sub-judul dalam sebuah dokumen html.
e. Image & Image ALt Tag
Setiap kali menaruh gambar atau mengunggah gamabar pada artikel, jangan lupa menyisipkan kata kunci pada gambar.
f. Link to Site Authority
Link to Site Authority adalah sebuah artikel didalamnya terdapat tautan /link menuju situs-situs yang di percanyai Google ,seperti YouTube, Wikipedia, Facebook, dan lain sebagainya.
2. Penerapan Off-Page SEO
Off-Page SEO perlu menggunakan tehnik yang tepat agar dapat meningkatkan posisi atau peringkat blog dihalaman 1 hasil pencarian di mesin pencari (search engine).
Berikut ini beberapa cara penerapan Off-Page SEO agar blog atau situs bisa meningkat posisinya dihalaman di hasil pencarian mesin pencari.
a. Media Sosial
Cara memasarkan web dan blog menggunakan media sosial adalah dengan membuat aplikasi-aplikasi yang talah difasilitasi (disediakan) oleh media sosial, seperti membuat fanpage pada media sosial Facebook. Fanpage facebook adalah sebuah halaman khusus seperti blog yang menyediakan informasi yang beragam sesuai dengan keinginan pemiliknya , mulai dari peusahaan, pendidikan, layanan, produk fisik, a rtis, komunitas, dan masih banyak lainnya.
b. Membuat Artikel yang Berkualitas
Pemilik blog perlu mengetahui cara menulis artikel berkualitas atau artikel yang disukai mesin pencari. Artikel yang berkualitas adalah artikel yang judul, konten, gambar, dan videonya mengandung kata kunci.
c. Blog Walking
Blog Walking adalah kegiatan memasarkan web dan blog deengan cara membuka atau melihat blog orang lain yang memiliki ceruk (nichle)/topik hampir sama (nichle sama), kemudian menuliskan komentar pada form komentar yang telah disediakan oleh pemiliknya (pemilik web/blog).
d. Pemasaram melaluiForum Online
Pertama-tama, ikuti forum online yang terkait dengan situs dan aktif dalam komunitas forum online tersebut. Aktif membalas dan menjawab pertanyaan yang muncul akan membantu membangun citra kita sebagai ahli dalam bidang tertentu.
e. Search Engine Submission
Agar mesin pencari segera mengenali dan mendeteksi website atau blog, masukkan website ke layanan "Search Engine Submission"yang dimiliki oleh mesin pencari.
f. Directory Submission
Cara lain agar mesin pencari se3gra mengenali dan mendeteksi website atau blog adalah dengan memasukkan website dengan lanyanan pihak ketiga, seperti layanan "freewebSubmission.com". Langkah untuk mendaftarkan website atau blog pada Directory Submission "freewebSubmission.com"adalah sebagai berikut.
1. tuliskan "freewebSubmission.com" pada addres bar peramban (browser)
2. isi alamat web/blog
3. nama pemilik web/blog
4. alamat email pemilik web/blog
5. klik "Yes". Jika semua sudah diisi, selanjutnya
6. klik (6) "Submit Your Site".
g. Berbagai Foto
Cara lain untuk meningkatkan dan menambah peringkat web/blog di mesin pencari adalah melalui media sosial berbagai gambar dan video, seperti instagram (IG).
h. Pemasaran Video
Tehnik Off-Page SEO juga bisa dilakukan dengan pemasaran melalui berbagai video menggunakan youtube.com. Pengguna membuat akun YouTube, kemudian mengunggah produk dan layanan yang bisa dinikmati oleh konsumen melalui media video.