Rabu, 22 Januari 2020

MENERAPKAN PEMASARAN ONLINE DENGAN MEDIA SOSIAL

1. Apa yang dimaksud dengan media sosial ?
   Jawab Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaringsosial, wiki, forum dan dunia virtual.

2. Apa peranan media sosial ?
    Jawab :  1. Membangun dan menjaga hubungan
                      2. Membangkitkan kesadaran masyarakat
                      3. Mempengaruhi orang lain
                      4. Mengekspresikan diri
                      5. Sumber informasi
                      6. Bersosialisasi
                      7. Menyebarkan informasi
                      8. Menghibur
                      9. Mencapai tujuan
                     10.  Agen perubahan

3. Sebutkan 5 contoh media sosial !!
    Jawab1.Facebook
                    2.twitter
                    3.google + - plus
                    4.instagram
                    5.ask.fm
                    6.gmail
                    7.yahoo answer
                    8.mail
                    9.you tube
                   10.social apps

4. Sebutkan 5 keuntungan menggunakan facebook bagi perusahaan !!
     Jawab : 1. Mudahnya akses komunikasi jarak jauh. 
                           2. Menemukan teman baru yang berada diberbagai belahan dunia                                    3. Tempat Belajar yang menarik                                                                                              4. Alternatif promosi bisnis                                                                                                     5. Menjalin silaturahmi
5. Sebutkan keunggulan mengguanakn twitter !                      Jawab1. Tampilan Minimalis                                                                                                                 2. Background bisa diganti                                                                                                         3. Jumlah teman tidak terbatas                                                                                                 4. Pendaftaran mudah                                                                                                               5. Fitur trending topik
6. Bagaimana cara pemasaran menggunakan facebook ??                                                                                         
Jawab1. Gunakan Facebook FanspageBukan Facebook Personal                                                                2. Buatlah  Perencanaan Konten Facebook                                                                                          3. Gunakanlah Fitur Penjadwal Status Otomatis                                                                                  4. Fokuslah Untuk Memperbesar Like                                                                                                   5. Gunakan Facebook Ads (Iklan Facebook)                                                                                          6. Lakukan Percakapan                                                                                                                            7. Mulailah Untuk Jualan dengan Facebook                                                                                          8. Lakukan Facebook Marketing dengan Konsisten                                                                            9. Lakukan Pengukuran Efektivitas (Measurement)
7. Bagaimana cara memasarakan video amatir di youtube ??                                                                                                                                 Jawab 1. Tentukan ide atau tema video                                                                                              2. Tentukan pesan video                                                                                               3. Tentukan tampilan video yang menarik dan unik                                                        4. Tentukan cerita yang kuat dan mudah dipahami                                                         5. Fokus pada emosi, body language bukan pada text atau pembicaraan                           6. Gunakan bahasa yang mudah dipahami                                                                      7. Kualitas video
8. Jelaskan perbedaan fanpage dengan grup di facebook !!                                              Jawab : 

Facebook FanPage :

1. Diperuntukkan untuk “membuat profile” dari sesuatu. Profile produk, artist, public figure, bisnis, dll.        2. Tujuannya memang untuk promosi                                                                          3. Dapat menambahkan Facebook Application pada page                                              4. Pemilik / admin dari page tidak diperlihatkan                                                             5. Status hubungan di page adalah fan. Artinya kedudukan page dan member seperti antara artist dan penggemar                                                                                                    6. Terdapat fitur untuk memonitor traffic page.                                                           7.  Seperti wp-stats pada wordpress Page dapat dipromosikan melalui facebook ads, dengan biaya tentu                                                                                                             8. Terdapat feed activity dari page                                                                                  9. Untuk Membuat Facebook FanPage dapat membacanya disini                              

Facebook group

  1. Diperuntukan sebagai “tempat berkumpul” user facebook dengan kesamaan minat tertentu. Tujuannya untuk gathering
  2. Tidak bisa menambahkan application pada group karena group itu sendiri merupakan application
  3. Pemilik / Admin page diperlihatkan
  4. Status hubungan di groups adalah member. Anda menjadi “bagian” dari komunitas groups
  5. Tidak ada fitur untuk memonitor traffic groups
  6. Tidak dapat dipromosikan melalui facebook ads
  7. Setiap member group dapat mempost kan item di “posted items”



9. Jelaskan keunggulan pemasaran menggunakan viral marketing                                                                                    Jawab : 1. informasi up todate                                                                                                                2. biaya murah                                                                                                                            3. kekuatan referal                                                                                                                      4. terukur
10. Jelaskan Perbedaan antara pemasaran WOM  dan viral marketing !!                                                                               JawabWord of mouth marketing atau viral marketing? Apa bedanya? Keduanya memang sama-sama merupakan jenis/strategi marketing dalam bisnis. Word-of-mouth (WOM) adalah ketika sebuah bisnis melakukan sesuatu dan konsumen mereka menyebarkan ke lima, sepuluh, lima puluh teman mereka. Beritanya tersebar dari mulut-ke-mulut. Word of mouth memiliki dampak gaungnya. Suara/informasi utamanya kencang dan kemudian semakin memudar setelahnya.
Viral marketing berbeda dengan WOM karena memiliki dampak penggambungan. Konsumen memberitahukan lima hingga sepuluh orang lain dan kemudian kelima hingga kesepuluh orang tersebut memberitahukan lima hingga sepuluh orang lainnya. Kekuatan di balik kampanye viral adalah passion yang dibawa konsumen. Seperti virus yang terus menginfeksi lebih banyak orang dan menyebar hingga akhirnya tak lagi membutuhkan usaha marketing.
Meskipun keduanya terlihat serupa tapi kamu bisa melihat bahwa mereka sesungguhnya berbeda.
Marketing word of mouth adalah komponen kunci untuk mengembangkan bisnis kecil. Melalui WOM-lah bisnis barumu bisa berjalan di awal masa operasinya, ketika kamu belum memiliki atau bahkan tidak memiliki biaya marketing. Konsumen membagikan pengalaman mereka saat menggunakan produk atau jasamu dan mereka membagikan cerita itu dengan keluarga dan teman mereka. Ini akan meningkatkan basis konsumen dan tentunya juga penjualan.

Viral marketing lebih kepada mencapai dan mendapatkan suatu bentuk semangat dari konsumen, semangat itu bisa membawa sebuah pesan dan pesan tersebut terus menyebar hingga mencapai massa bahkan tanpa bantuanmu sekalipun. Untuk bisa mencapai tingkat kesuksesan, konsumen sebaiknya juga memiliki sebuah kepintingan pribadi dan kemauan sehingga mereka akan berperan aktif dalam kesuksesan kampanye.

Perlu diketahui bahwa kesuksesan kampanye viral bergantung pada ‘kendaraan’ yang digunakan untuk membawa pesan. Untuk membuat dampak viral yang kuat, pesan harus bisa dibawa dari iklan televisi, atau menggunakan radio dan bahkan sosial media. Seperti yang kita tahu kekuatan terbesar saat ini sudah mulai bergeser ke platform-platform yang ada dalam internet.

Untuk itu perbedaan terbesar antara word of mouth marketing dan viral marketingadalah WOM seringnya dimulai dari si pemilik bisnis sendiri sedangkan viral marketing dimulai oleh konsumen dan kesuksesannya tidak bergantung padamu








PILIHAN GANDA

1). Media online dimana para penggunannya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi yang meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual disebut..
     A. Media center
     B. MMC
     C. Media multimedia
     D. Media Sosial
     E. Media massa
2). Ada media yang saling menghususkan pengguna video. tempat berbagi video di media sosial adalah...
    A. Facebook
    B. Youtube
    C. Twitter
    D. Linkedln
    E. Mysspace
3). Termasuk media sosial online adalah...
    A. Warnet
    B. Pinterest
    C. Toko Online
    D. Koran
    E. Handphone
4). Layanan media sosial online yang menyediakan online chat adalah...
   A. Blog
   B. Pinterest
   C. Logbook
   D. Facebook
   E. Handbook
5). Dibawah ini yang bukan termasuk media sosial online adalah...
   A. Twitter
   B. FB
   C. Warnet
   D. Mysspace
   E. YouTube
6). Salah satu syarat membuat media sosial, seperti facebook dan twitter, adalah memiliki...
   A. Email
   B. KTP
   C. Jaringan pertemanan
   D. Jaringan internet
   E. Rencana bisnis
7). Fan page dapat dibuat pada media sosial online...
   A. Friendster
   B. Myspace
   C. Twitter
   D. Facebook
   E. Linkedln
8). Media sosisal ini harus memiliki orang (admin) yang berkompeten untuk membuat sebuah forum, juga pakar di bidangnya. Media sosial yang dimaksud adalah...
   A. Website
   B. Facebook
   C. Twitter
   D. Linkedln
   E. Myscape
9). Fasilitas online chat harus ditambahkan tersendiri sebelum melakukan online chat. Media sosial yang dimaksud adalah..
   A. Pinterest
   B. Myscape
   C. Facebook
   D. Twitter
   E. Website
10). dapat mengetahui teman lamadan juga koneksi dari teman lama adalah salah satu peran media sosial yang bernaman...
   A. Twitter
   B. Facebook
   C. Myscape
   D. Blogspot
   E. Website
11). dalam media sosial ini anda hanya dapat menulis pesan maksimal 140 karakter media sosial yang dimaksud adalah...
   A. FB
   B. Myscape
   C. Myscape
   D. Twitter
   E. Blog
12). bisnis online dapat menggunakan facebook, twitter, pinterest, serta...
   A. Linkdln
   B. Warung
   C. Toko
   D. Koran
   E. Internet
13). grup dalam facebook dibuat dengan tujuan...
   A. mengenal belahan dunia lain
   B. memperluas pertemanan
   C. berbagi pengetahuan dan pengalaman
   D. berbagi informasi yang bersifat pribadi
   E. berbagi foto, ilustrasi, dan imajinasi
14). kelebihan fanpage adalah...
   A. berbagi pengetahuan
   B. dapat berbagi foto
   C. dapat berbagi info
   D. media untuk berbisinis 
   E. dapat menyimpan maslah pribadi
15). Peringkat ke-2 media sosial online yang digunakan masyarakat diindonesia adalah...
   A. facebook
   B. twitter
   C. facebook dan twitter
   D. myscape
   E. blogspot
16). media sosial ini mengguanakan logo burung sebagai trade marknya dan mengguanakan istilah kicauan ketika pengguna menuliskan pesannya, media sosial yang diamaksud adalah..
   A. fb
   B. myscape
   C. path
   D. pinterest
   E. twitter
17). langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat twitter adalah membuat nama, caranya adalah dengan menggunakan...
    A. nama dan gelar
    B. nama panjang
    C. nick name
    D. nama yang paling dikenal
    E. nama pada masa kecil
18). media sosial yang menggunakan filosofi memasang di catatan di board dengan pin adalah..
    A. fb
    B. path 
    C. pinterest
    D. printbest
    E. myscape
19). menampilakan gambar yang menarik yang dipasang pada board untuk menawarkan produk pada konsumennya merupakan ciri khas media sosial yang disebut dengan ...
    A. pinterest
    B. pinters
    C. println
    D.  pinbook
    E. path
20). sebagian orang didunia mengguanakan media online video untuk berbagi keahliannya. beberapa diantara mereka berhasil menjadi penyanyi terkenal mengguanakan media sosial yang disebut...
    A. youtoo
    B. you2
    C. facebook
    D. youtube
    E. instagram
21). media youtube sebagai media berbagi video terbesar didunia disukai dan dijadikan rujukan juga untuk pemasaran karena...
     A. dapat menyapa pelanggannya secara langsung
     B. hanya bermodalkan email 
     C. bebas baiaya dan mudah diakses oleh seluruh segmen masyarakat
     D.  interaktif, dinamis, dan mudah diingat
     E. memang dicipatakan sebagai tempat berbisnis 
22).  media sosial yang satu ini bukan didasarkan pada seberapa banyak teman dalam sebuah media sosial, tetapi seberapa banyak anda memiliki teman yang yang seide dan seprofesi. media sosial yang dimaksud adalah...
      A. linkedln
      B.  links
      C. link
      D. eksternal link
      E. linkexs
23). bertujuan menbangun brand melakukan networking dengan para profesional di seluruh dunia serta membantu pemasaran perusahaan baik melalui iklan maupun rekomendasi. media sosial yang dimaksud adalah...
      A. blogspot
      B. Myscape
      C. twitter
      D. facebook
      E. linkedln
24). dalam bahasa inggris, model pemasaran dari mulut ke mulut lazim juga disingkat dengan...
      A. wom
      B. mow
      C. mom
      D. wow
      E. who
25). media sosial ini bekerja seperti multilevel marketing, diaman setiap bagian yang ikut dalam bagian akan mendapatkan reward.  media sosial yang dimaksud adalah...
     A. makelar
     B. viral mareketing
     C. direct selling
     D. sales
     E. online marketing
26). dari pilihan pilihan berikut ini, yang termasuk media viral marketing, adalah...
     A. toko
     B. warnet
     C. email
     D. ruko
     E. warung
27). fan page adalah istilah yang dikenal dalam media sosial...
     A. facebook
     B. myscape
     C. friendster
     D. twitter
     E. Linkdln
28). wordpress adalah salah satu contoh dari....
     A. sms
     B. cms
     C. smc
     D. csc
     E. mmc
29). anda tidak perlu untuk membuat perencanaan, tetapi hanya memerlukan email, denagn meregister email tersebut, anda bisa terhubung dengan teman teman anda. hail ini merupaka kemudahan yang ditawarkan oleh....
      A. forum 
      B. internet
      C. media sosial
      D. PORTAL WEBSITE
      E. website
30). berbeda dari media sosial, media online ini berfokus pada satu topik atau satu kelompok topik. media yang dimaksud adalah...
       A. fb
       B. website
       C. twitter
       D. MYSCAPE
       E . linkedln
31). selain sebagai media berbagi informasi berupa teks, foto, dan video, media sosial juga dapat dilakukan untuk memasarkan produk atau untuk berbisnis online. media sosial yang paling banyak digunakan  masyarakat karena memiliki keunggulan yaitu....
       A. memiliki layanan berbagi gambar dan menggugah gambar
       B. memiliki layanan berbagi informasi gambar dan video dengan layanan-                                 layanan  yang disukai pengunjung khususnya anak-anak muda...                     
       C. memiliki layanan video yang disukai pengunjung
       D. tidak mengisyaratkan konfirmasi ketika berteman
       E. memiliki tampilan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen
32). facebook(fb) adalah media sosial terbesar yang digunakan oleh masyarakat saat ini, begitu juga di indonesi. fanpage fb merupakan salah satu layanan fb yang dapat digunakan untuk memasarkan produk karena...
       A. mengumpulkan orang-orang yang memiliki kesukaan atau kepedulian yang                           sama kana sesuatu (produk/jasa) sehingga apabila ada informasi-informasi                           terbaru akan cepat tertarik
       B. mengumpulkan orang-orang yang memiliki kesukaan berbeda sehingga                                 berpotensi untuk orang langsung merespon informasi yang dibagi di fanpage
       C. mudah dibuat oleh pemilik akun fb dan satu akun fb dapat membuat banyak                         fanpage 
       D. berangotakan orang-orang dengan latar belakang berbeda-beda yang akan                           membuat disukusi menjadi menarik
       E. fanpage seperti grup dengam orang-orang yang memiliki kesukan yang sama
33). media sosial youtube disamping dapat digunakan sebagai sarana berbagi video apapun uga dapat digunakan untuk mendapatkan uang atau dapatdigunakan untuk mencari uang. salah satu cara mencari uang menggunakan youtube adalah dengan memberikan iklan pada video yang ditayangkan,  yang biasanya diletakkan dibawah video, atau dikenal dengan istilah...
           A. pay to click
           B. pay per click
           C. trading
           D. pay to review
           E. paypal
34). media sosial seperti facebook digunakan oleh masyarakat karena proses pendaftarannya yang mudah, tidak perlu membayar alias gratis, dan mudah digunakan. facebook menghubungkan banyak orang dan diikuti oleh banyak orang sehingga berpotensi besar menjadi sarana transaksi jula beli. berikut ini beberapa bidang pekerjaan yang dapat dibuat menggunakan media sosial fb adalah...
           A. jual beli produk melalui fb
           B. jual beli jasa melalui fb
           C. jual beli produk atau jasa secara online dengan mempromosikannya                                    menggunakan fb
           D. jual beli informasi melalui fb
           E. jual beli pakain melalui fb
35). media sosial instagram (ig) memiliki banyak pengguna, sebagian besar anak-anak muda. berikut ini beberapa cara yang efektif ketika berjualan mengguanakn ig yaitu...
          A. buat teks dengan pilihan kata yang menarik, lengkap dengan gambar, dan                            unggah ke ig
          B. buat foto produk menggunakan hp, diberikan spesifikasi produk, dan                                      unggah ke ig
          C. analisa kebutuhan pengguna ig, buat foto gambar produk atau jasa ang                                 menarik, buat iklan teks yang komunukatif, kemudia kirimkan keteman-                                teman pengguna ig
          D. analisa minat pengguna ig, tanyakan kebutuhan mereka, cari produk yang                            dibutuhkan, dan unggah ke ig
          E. buat foto yang paling menarik, lengkapi dengan teks yang menarik, dan                                 unggah ke ig

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Style kekinian pria dan wanita

 1.  Sandal Arrival  Now Sandal zaman now Nyaman digunakan dimana dan kapan saja  Kualitas terjamin oke Harga murah fit 37-40 Rp.37.000 Mina...